Friday, February 20, 2009





Untuk tahun anggaran 2009 ini Departemen Perhubungan (Dephub) akan mengalokasi anggaran untuk pembelian kereta api (KA) produksi PT. INKA, nilai kontraknya senilai Rp. 300 miliar ini akan meliputi 30 kereta K3 (kereta ekonomi). Rencananya pesanan itu akan dideleveri sebelum Lebaran 2009 nanti.
Hal tersebut dikemukakan Direktur Komersial INKA Gunesti disela-sela peresmian kereta rel diesel elektrik (KRDE) Baraya Geulis jurusan Padalarang-Bandung-Cicalengka di Bandung belum lama ini.
"Setiap lebaran kita kan siap-siap dengan 30 kereta. Itu sudah diprogramkan oleh pemerintah untuk didelivery sebelum sebaran, untuk memperkuat armada angkutan lebaran. "ujar Gunesti.
Selanjutnya Gunesti menjelaskan, Rp 300 miliar nanti akan terdiri dari KRDI (pemerintah sedang menyiapkan tiga sampai lima train set nilainya sekitar 32 miliar per train set), permintaan Menhub dua trainset untuk Medan, satu train set untuk Sumbar.
Memang sementara tiga train set, tapi biasanya ada tambahan-tambahan anggaran yang nantinya akan menjadi lima train set,"katanya. Ke 30 kereta tersebut oleh Dephub dibangun untuk menggantikan kereta-kereta yang lama. Peruntukannnya biasanya akan ditetapkan pada bulan Juni-Juli.
sumber : TRANSINDO (Tabloid Transportasi Indonesia) edisi 1-15 Januari 2009

No comments:

Post a Comment