Monday, February 23, 2009

Tujuh Tewas Dalam Kecelakaan KA dan Bus

Kediri (Antara News) Sedikitnya tujuh orang tewas dalam kecelakaan antara kereta api (KA) Rapi Dhoho melawan bus Harapan Jaya di pintu perlintasan kereta api Jalan Brigjem Katamso, Kediri Jakarta Jawa Timur, senin sore.
Selain menewaskan tujuh orang penumpang bus jurusan Surabaya - Tulungagung, kecelakaan tersebut juga mengakibatkan delapan orang luka berat, dan puluhan lainnya luka ringan serta sebuah gerail telepon seluler (ponsel) yang berada di sisi rel rusak berat.
Informasi yang dihimpun wartawan Antara dari lokasi kejadian menyebutkan, peristiwa tersebut bermula ketika bus nomor polisi (AG-7493-UR) melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Suarabaya di bawah guyuran hujan deras.
Saat itu pintu perlintasan di Jalan Brigjen Katamso dalam keadaan setengah tertutup. Karena kecepatan bus cukup tinggi, sopir bus tidak punya banyak waktu untuk melakukan pengereman secara mendadak.
Pada saat bersamaan KA Rapi Dhoho jurusan Suarabaya-Malang baru keluar dari emplasemen Stasiun Kediri dan hendak menuju Stasiun Ngadiluweh, sehingga kecelakaanpun tak dapat dihindari. Badan bus terseret sejauh100 meter dan beberapa gerbong kelas ekonomi itu keluar dari rel, bahkan lokomotif terputus dari rangkaian.
Hingga saat ini seorang korban tewas belum berhasil di evakuasi karena terjepit badan bus. Beberapa korban tewas dan luka sedang dibawa ke rumah sakit (RS) Bhayangkara.
Kepala Polwil Kediri, Kombes Pol. Sukamto Handoko, mengatakan hingga kini pihaknya masih menyelidiki sebab-sebab peristiwa kecelakaan maut di pintu perlintasan kereta api sebelah timur alun-alun Kediri itu.
"Petugas masih melakukan evakuasi korban dan kereta api serta bus yang mengalami kecelakaan itu. Selanjutnya kami akan melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan sejumlah saksi mata, termasuk petugas penjaga pintu perlintasan kereta api,"katanya saat ditemui di lokasi kejadian
sumber :

No comments:

Post a Comment