Tuesday, February 17, 2009

KERETA API

Kereta api merupakan salah satu moda angkutan darat yang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis angkutan moda lainnya. Salah satu keunggulan dari kereta api yaitu dapat mengangkut banyak orang dalam sekali perjalanan atau bersifat masal, irit bahan bakar, effisien, hemat pemakaiaan lahan, ramah lingkungan dan relatif aman jika dibandingkan dengan moda transportasi darat lainya, serta adaptif terhadap perkembangan teknologi. Dengan memiliki berbagai keunggulan tersebut sudah saatnya kereta api menjadi pilihan utama dalam mengatasi kemacetan di jalan raya, terutama di kota - kota besar di Indonesia serta menjadi angkutan utama di Indonesia.
Oleh karena itu untuk menjamin tingkat keselamatan maka transportasi kereta api harus ditingkatkan kehandalannya dengan melakukan peningkatan kualitas dari sarana, prasarana serta peningkatan sumber daya manusia dari operator. Dibalik keunggulan - keunggulan tersebut, salah satu kelemahan dari kereta api di Indonesia adalah masih tingginya angka kecelakaan kereta api disamping juga masih rendahnya kualitas pelayanan. Jenis dari kecelakaan kereta api dapat dibagi menjadi 6 jenis, yaitu Tabrakan KA dengan KA, Tabrakan KA dengan Kendaraan Umum, Anjokan, Terguling, Banjir/longsor, dan Lain - Lain . Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kereta api seperti karena faktor sarana, prasarana, SDM Operator, serta faktor alam. Kecelakaan dapat juga disebabkan oleh faktor dari luar seperti adanya pencurian fasilitas operasi kereta api dan pencurian rel serta penambat rel.
Dalam UU Nomor 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian, kereta api menurut jenisnya terdiri atas kereta api kecepatan tinggi, kereta api kecepatan normal, kereta api monorel, kereta api motor induksi linear, kereta api gerak udara, kereta api levitasi magnetik, trem, serta kereta gantung. Sedangkan menurut UU Nomor 23 tahun 2007 pengertian kereta api adalah sarana perkeretaapian dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan sarana perkeretaapian lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di jalan rel yang terkait dengan perjalanan kereta api.

No comments:

Post a Comment