Sunday, February 22, 2009

Kereta Api Wisata Sumbar Diresmikan


PADANG PANJANG--MI: Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal meresmikan pengoperasian kereta api wisata Sumatra Barat dengan rute Kota Padang Panjang menuju Sawahlunto, satu fasilitas yang diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke daerah itu.
"Dengan beroperasinya kereta api wisata ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini," katanya di Padang Panjang, Sabtu (21/2).
Kereta api yang diresmikan tersebut yakni kereta wisata Danau Singkarak, dengan lokomotif gigi yang mempunyai tujuh gerbong.
Kegiatan yang juga dalam rangka memperingati hari Pers Nasional HPN tahun 2009 tersebut, dihadiri juga Direksi PT KAI Roni Wahyudi, Menteri Pariwisata yang diwakili Dirjen Pemasaran RI Sapta Nirwandar, Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi, Wali Kota Padang Panjang Suir Syam, Wakil Wali Kota Edwin, Ketua PWI Pusat, dan lainnya.
Menurut Menhub, kereta api merupakan salah sarana transportasi yang harus dilestarikan dengan merevitalisasinya menjadi satu aset berharga seperti kereta api wisata.
Dengan beroperasinya kembali kereta api wisata Padang Panjang ke Sawahlunto ini, diharapkan bisa membangkinkan perekonomian masyarakat dan sektor pariwisata.
Launching kereta api wisata ini juga merupakan satu program pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisata, telekomunikasi dan transportasi di Indonesia.
Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi mengatakan, setelah aktifnya kereta wisata Padang Panjang menuju Sawahlunto ini diharapkan bisa memperkuat sektor pariwisata dan meningkatkan arus wisatawan datang ke daerah ini. "Objek wisata Sumbar kini sangat diminati baik wisatawan domestik maupun mancanegara," katanya. (Ant/OL-01)
sumber :

No comments:

Post a Comment