Sunday, March 8, 2009

Kereta Rel Diesel (KRD)




KRD CICALENGKA
Kereta api ini melayani koridor di wilayah selatan Jawa Barat, tapatnya antara stasiun Padalarang hingga Cicalengka PP














KRD KOMUTER SU-SI
Kereta api yang melayani lintas Surabaya Kota hingga Sidoarjo adalah dengan menggunakan KRD Komuter Su-Si (Surabaya Sidoarjo). Namun untuk beberapa jadwal waktu tertentu, KRD ini juga ada yang melanjutkan perjalanannya hingga melewati stasiun Tanggulangin dan Stasiun Porong. Efek dari luapan lumpur Lapindo yang menggangu arus lalu-lintas jalan raya porong ini juga menyebabkan KRD ini sempat menjadi primadona warga sekitar, sehingga penumpang KRD menjadi bertambah banyak















KALIGUNG
Rangkaian KRD kaligung ini adalah kereta dengan tujuan Semarang Poncol – Tegal (PP). Dalam sehari ada 4 kali perjalan. Ada kelas bisnis dan juga kelas ekonomi. Jika rangkaian KRD ini bermasalah biasanya sering ditarik dengan lokomotif BB200.

Kereta Rel Diesel atau biasa disebut KRD merupakan kereta api jenis komuter yang digerakkan dengan menggunakan mesin diesel. Berdasarkan teknologi transmisi daya, KRD dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Kereta Rel Diesel Hidrolik (KRDH) dan Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE).

Kereta Rel Diesel Hidrolik (KRDH)

Prinsip kerja KRD hidrolik adalah bahwa daya dari motor diesel ditransmisikan menjadi energi mekanik untuk memutar roda melalui hydrolik torque converter. Semua komponen motor diesel dan transmisi hidrolik dipasang pada rangka dasar KRD dibawah lantai. Sistem kendali pada KRD hidrolik dilakukan melalui pengaturan aliran olie hydrolic torque converter, melalui handle masinis dengan input putaran roda. Pada awalnya KRDH buatan Jepang yaitu MCW 301 dan MCW 302 menggunakan jenis transmisi hidromekanik merk Shinko.

Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE)

Prinsip kerja KRD Elektrik adalah daya dari motor diesel ditransmisikan ke roda penggerak melalui energi listrik. Energi mekanik dari poros keluaran motor diesel digunakan langsung untuk memutar generator. Arus listrik dari generator ini oleh sistem kendali diatur untuk memutar motor listrik/traksi (motor traksi) yang kemudian akan memutar roda melalui gear.

1 comment:

  1. Mungkin anda tahu kira2 berapa cc ukuran mesin diesel pada KRD2 tipe MCW produksi PT Nippon Sharyo? Apa ukuran mesin diesel pada KRD2 ini masih lebih besar atau tidak kalau dibandingkan dengan cc mesin diesel pada Bis ukuran besar seperti Bis Sumber Selamat, Lorena, Karina, dll

    ReplyDelete